Wednesday, June 30, 2010

peraturan piala dunia

Peraturan dalam turnamen Piala Dunia acap kali mengalami perubahan; seperti pemberlakuan Golden Goal dan Silver Goal, yang kemudian dihapus kembali. Juga aturan terbaru dalam Piala Dunia 2010 sudah dikeluarkan.


32 tim, yang dibagi dalam delapan grup, bersaing dalam babak penyisihan grup untuk menjadi dua tim terbaik yang berhak maju ke babak perdelapan final. Jika dalam satu grup terdapat beberapa tim yang memiliki nilai sama, maka akan diterapkan modus: pertama perbandingan selisih gol, setelah itu perbandingan jumlah gol yang dicetak. Jika masih belum juga terdapat perbedaan, maka akan ditentukan melalui hasil pertandingan head to head, setelah itu selisih gol pertandingan head to head. Jika saja nilai beberapa tim ini masih sama, maka akan dilakukan modus terakhir: pengundian..
Pada babak KO pertama, tim juara grup akan bertanding melawan runner up grup lainnya. Sampai babak semifinal, masih ada kemungkinan bahwa tim yang berada di grup A, B, C dan D akan kembali saling berhadapan. Begitupula dengan kesebelasan yang berada di grup E, F, G dan H.
Perpanjangan Waktu dan Adu Penalti
Dalam Piala Dunia 2010 ini, aturan Golden Goal dan Silver Goal kembali tidak diterapkan. Dalam babak KO, juga dalam partai semifinal serta final, jika setelah waktu pertandingan normal 90 menit kedudukan masih seri, maka akan dilakukan babak perpanjangan waktu 2 kali 15 menit. Jika setelah babak perpanjangan berakhir dan kedudukan masih sama, maka pemenang akan ditentukan lewat adu penalti.
Kartu
Dalam babak penyisihan grup, seorang pemain akan diskors untuk satu pertandingan setelah ia mendapat kartu kuning ke dua. Tapi akumulasi kartu kuning ini dihapus setelah babak kualifikasi grup berakhir. Jika seorang pemain mendapat kartu merah, maka komisi disiplin FIFA akan memutuskan, apakah larangan satu kali bermain akan ditambah atau tidak.
Susunan Pemain
Setiap tim nasional diperbolehkan untuk mengajukan 23 pemainnya. Susunan pemain timnas harus diserahkan kepada FIFA paling lambat tanggal 1 Juni 2010. Seorang pemain, yang masuk dalam daftar timnas, hanya dapat diganti, jika saja paling lambat satu hari sebelum pertandingan pertama dalam babak grup mengalami cidera berat.
Peraturan Baru
Tiga minggu sebelum Piala Dunia mulai digelar, dikeluarkan satu perturan baru. Dalam melakukan eksekusi penalti, seorang pemain tidak diperkenankan untuk melakukan gerakan seolah akan menendang. Pemain yang melanggar aturan ini diancam dengan kartu kuning.

No comments:

Post a Comment